Custom Search

Monday, June 13, 2011

Eksotisme Danau Beratan


Bedugul merupakan suatu kawasan Pariwisata yang terletak pada ketinggian + 1240 m dari permukaan laut. Daerah ini sangat sejuk dengan temperatur rata-rata 180C pada malam hari dan 240C pada siang hari. Denpasar-Bedugul-Alas Kedaton-Tanah Lot merupakan suatu rute perjalanan yang sangat menyenangkan dari Denpasar menuju Bedugul. Bedugul adalah daerah pegunungan yang dingin di mana terdapat sebuah danau (Danau Beratan) dan Pura Ulun Danu. Kita dapat menikmati pemandangan alam yang indah serta tempat rekreasi air dan lain-lain. Dari Bedugul kita menuju obyek wisata Alas Kedaton, dimana terdapat ratusan ekor kera dan kelelawar di hutan yang mengelilingi Pura Alas Kedaton yang dibangun sekitar abad XV Masehi. Setelah itu kita meneruskan perjalanan ke Tanah Lot yang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan seluruh mancanegara. Di Tanah Lot terdapat sebuah pura di tengah laut dan bila matahari akan tenggelam di ujung laut, maka terciptalah suatu pemandangan yang sangat indah.


Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar – Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping mudah dijangkau Danau Bratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai.



Eksotisme Danau Beratan akan tampak di dermaga danau tersebut yang terletak di pinggir taman Beratan. Dipinggir danau ini tersedia tempat penyewaan perahu, baik perahu dayung, wisata ataupun kayuh.

Danau Beratan dari pinggir dermaga yang cantik dari kayu, plus kapal-kapal sampan bercadik yang ditambatkan di sisi dermaga. Bagi anda yang suka jeprat jepret jangan lewatkan keindahan panorama alam disini sebagai kenang-kenangan. Banyak sekali sudut pengambilan gambar yang dapat dijadikan alternatif untuk berfoto, mulai dari dermaga, taman, kawasan pura, restoran Ulun Danu, hingga taman rekreasi anak yang menyediakan ayunan dan tempat untuk duduk dan bersantai dari batu.

Di tengah Danau Bratan terdapat sebuah Pura yaitu Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Kawasan Pura Ulun Danu dan Pura Beratan (dalam satu kawasan) benar-benar tempat yang tertata dengan rapi. Pohon – pohon cemara berjejer rapi, terlebih kawasan dalam Pura yang benar-benar terawat dengan baik.


0 comments:

Post a Comment

Random Post