Custom Search

Tuesday, June 14, 2011

Lomba Foto Kuliner Minangkabau 2011

PADANG--Ranah Minang memiliki aneka kuliner yang enak dan unik. Kini saatnya Anda tak hanya sekadar mencicipi dan merekomendasikan dengan ucapan kepada orang lain. Saatnya kini merekomendasikan ke publik melalui lomba foto.

Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dengan menggandeng Situs Fotografi Pariwisata West-Sumatra.com dan Komunitas Jalansutra menggelar lomba foto bertema "Jelajah Wisata Kuliner Sumatera Barat" dengan batas waktu pengiriman 24 Juli 2011.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Prita Wardhani mengatakan, tujuan utama lomba foto ini untuk mengekspos kuliner asli Sumatera Barat sehingga menarik wisatawan berkunjung ke provinsi ini. Sebab, katanya, kuliner juga alat ampuh untuk meningkatkan daya tarik wisatawan berkunjung ke suatu destinasi.

"Karena itu objek foto mesti berada di Sumatera Barat, bisa jenis dan variasi makanan dan minuman, proses pembuatannya, cara menghidangkan seperti belasan piring dibawa dengan sebelah tangan, nah lokasi objek harus di tempat publik seperti rumah makan, restoran, kafe, warung, dan ruko, dimana masyarakat atau wisatawan bisa makan dan minum sebagai pengunjung," ujarnnya seperti dikutip siaran pers yang dikirimkan ke PadangKini.com, Sabtu (4/6/2011).

Diperbolehkan jika ada perubahan penataan objek kuliner agar menjadi lebih baik dan menarik untuk difoto. Sebab hal tersebut bisa menjadi edukasi kepada penjual.
"Agar lebih menarik fotografer boleh menggunakan pencahayaan tambahan, deskripsi singkat tentang obyek yang difoto juga harus dituliskan, termasuk alamat lengkap obyek tersebut, tapi tidak boleh lebih dari 1.000 kata, dan foto tidak diperbolehkan dilakukan di studio atau di rumah," katanya.

Teknis pendaftaran dan ketentuan lainnya dari lomba ini bisa dilihat di situs http://photowinners.org/kuliner-minangkabau-2011. Pengumuman akan ditentukan kemudian setelah proses penjurian selesai, namun direncanakan tidak lewat dari Agustus 2011.

Berikut persyaratan lomba foto ini.(pkc)

KULINER MINANGKABAU 2011

Tema: Jelajah Wisata Kuliner Sumatera Barat

KELAS LOMBA: 3

HADIAH:
-Juara Pertama: Tropi Gubernur  +  Rp2,5 juta  +  Sertifikat  + OLYMPUS Mju.
-Juara Kedua: Tropi Wakil Gubernur  +  Rp2,0 juta  +  Sertifikat  + OLYMPUS Mju.
-Juara Ketiga: Tropi Kadisbudpar  +  Rp1,5 juta  +  Sertifikat  +  OLYMPUS Mju.
-Juara Favorit: 3 foto @ Rp500 ribu  +  Sertifikat

PARTNER:
Olympus Pen, New Generation System Cameras

JURI:
1. Prita Wardhani (Disbudpar Provinsi Sumbar)
2. Makarios Soekojo (PhotoWinners.Org)
3. Marchellinus Lesmana (Jalansutra)

KETENTUAN:
- Terbuka untuk umum, baik amatir, profesional, maupun wartawan.
- Tidak ada biaya pendaftaran/ keikutsertaan.
- Foto diposting ke situs lomba foto: www.photowinners.org.
- Setiap peserta bisa mengirimkan maksimum 10 buah foto dengan sisi terpanjang minimum 750 pixels dan maksimum 1024 pixels, file minimum 400 Kb dan maksimum 1 Mb.
- Foto merupakan variasi Produk, Tatanan, Cara Menghidang, ataupun Proses dari Makanan & Minuman yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Bukan di luar Provinsi Sumatera Barat walaupun kemungkinan produk tersebut juga ada di luar Sumatera Barat.
- Foto harus diambil di lokasi umum (Rumah Makan, Cafe, Kantin, Warung, dll.), bukan di Studio.
- Saat pengambilan foto di lokasi, diperbolehkan menggunakan pencahayaan tambahan. Tetapi tidak mengubah lingkungan obyek secara ekstrim. Agar keunikan obyek dan suasananya tidak hilang. Ini dimaksudkan agar ketika kemudian dikunjungi oleh wisatawan, lokasi obyek sesuai dengan di foto.
- Setiap foto harus dilengkapi Judul dan Deskripsi singkat tentang obyek plus alamat lokasi obyek.
- Foto merupakan file/karya asli, dibuktikan dengan Data EXIF. Perbaikan foto hanya diizinkan untuk memperbaiki warna, kontras, ketajaman, cropping, dan sejenisnya.
- Batas akhir posting foto: 24 Juli 2011 pukul 24.00. Usahakan posting tidak mendekati tanggal penutupan untuk menghindari kesulitan antrean posting foto.
- Sebelum pengumuman, para finalis akan dihubungi dan diminta mengirimkan kopi hi-res file-nya.
- Panitia berhak menggunakan foto-foto pemenang untuk keperluan publikasi dan promosi pariwisata oleh Disbudpar Provinsi Sumatera Barat. Hak cipta karya foto tetap milik fotografer.
- Untuk foto yang tidak menang tetapi akan dimanfaatkan untuk kepentingan promosi Pariwisata Sumatera Barat, akan diadakan pembicaraan lebih lanjut dengan pemilik foto.
- Karya dan Obyek yang terkandung di dalam foto merupakan tanggung jawab peserta lomba. Pihak penyelengara tidak melayani segala bentuk tuntutan dari pihak manapun sehubungan dengan foto yang dilombakan.
- Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang memasukkan foto-foto yang dianggap mengandung unsur SARA.
- Keputusan Juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
PENGUMUMAN
- Akan ditentukan setelah akhir Juli dan diumumkan melalui situs ini dan situs-situs pendukung.
- Waktu dan tempat penyerahan hadiah, akan ditentukan kemudian.*

0 comments:

Post a Comment

Random Post