Custom Search

Sunday, February 12, 2012

10 Perlengkapan Wajib Bawa Kala ke Luar Negeri

Beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan penerbangan yang menawarkan tiket murah ke sejumlah kota di dalam dan luar negeri. Dengan tawaran itu, liburan ke luar negeri bukan lagi menjadi angan-angan yang sulit tercapai. Apalagi bagi anda yang doyan <I>backpacker</I>-an.

Namun selain tiket pesawat, ada beberapa barang yang harus Anda persiapkan saat akan berlibur ke luar negeri. Berikut sepuluh perlengkapan utamanya.

1. <I>Backpack</I> dan tas kecil
Saat liburan ke luar negeri, baiknya Anda tidak menggunakan koper untuk mengemas barang. Selain bobotnya yang berat, tas koper pun harus masuk ke bagasi pesawat. Itu artinya Anda harus meluangkan waktu liburan untuk menanti keluarnya koper dari bagasi.

Sedangkan dengan <I>backpack</I>, selain bobotnya yang tidak seberat koper, Anda pun bisa berlari dengan mudah kala harus mengejar angkutan yang akan ditumpangi.

Lalu tas kecil, keberadaannya juga sangat membantu Anda menyimpan dokumen dan barang berharga selama perjalanan. Tas ini pun relatif aman dari tangan jahil, karena dia selalu melekat di tubuh. Berbeda dengan koper atau <I>backpack</I> yang sewaktu-waktu lepas dari pegangan Anda.

2. Paspor
Namanya juga liburan ke luar negeri, jadi paspor pun harus ikut serta dengan Anda. Dan sebelum berangkat, cek dulu masa berlakunya. Jangan sampai paspor Anda habis masa berlakunya dalam jangka waktu enam bulan. kalau iya, maka Anda tidak bisa melintas di bagian Imigrasi bandara.

3. Telepon genggam dengan <I>roaming internasional</I>
Meski liburan, tidak berarti Anda putus komunikasi dengan teman dan keluarga. Apalagi bila Anda aktif di Twitter atau Facebook. Karenanya, bawa selalu telepon genggam yang telah dilengkapi fasilitas <I>roaming internasional</I>.

4. <I>Charger ponsel</I>
Telepon genggamnya sudah dibawa, tapi jangan lupa juga membawa <I>charger</I> untuk mengisi baterainya. Meski bentuknya yang kecil, tapi <I>charger</I> adalah penyambung nyawa ponsel. Dalam aktivitas sehari-hari, tidak jarang kita kelimpungan saat sadar tidak membawa <I>charger</I>.

Apalagi saat liburan di luar negeri. Karena tidak mudah mencari toko aksesoris ponsel yang menyediakan <I>charger</I> sesuai kebutuhan ponsel Anda.

5. Mata uang asing
Sebelum berangkat, pastikan dulu mata uang yang berlaku di negara tujuan Anda. Beberapa kota di dunia menggunakan mata uang tertentu namun jarang digunakan sebagai alat transaksi. Misalnya Siam Reap, Kamboja, yang menggunakan mata uang Riel, namun untuk transaksi yang digunakan adalah dollar Amerika.

6. Obat-obatan
Punya atau tidak punya alergi, sebaiknya Anda membawa persediaan obat-obatan. Seperti obat flu, pusing, maag, obat masuk angin, obat luka luar, minyak gosok, dan multivitamin.

Selain mudah lelah saat bepergian, suhu dan cuaca yang berbeda dengan Indonesia memicu badan mudah terserang penyakit. Dan di negara tujuan, belum tentu memiliki persediaan obat seperti yang biasa Anda konsumsi.

7. <I>Itinerary</I> dan <I>copy</I> dokumen penting
Sebelum berangkat berlibur, ada baiknya Anda menyusun rencana perjalanan atau <I>itinerary</I>. Saat di lokasi liburan, Anda tidak harus saklek mengikuti <I>itinerary</I> yang sudah disusun. Tapi rencana perjalan itu bisa memberi Anda gambaran tempat-tempat yang layak dikunjungi.

Sedangkan <I>copy</I> dokumen penting akan sangat membantu Anda bila mendapat masalah, seperti kecopetan. Tidak sedikit cerita bila paspor dan kartu identitas hilang dicopet saat liburan. Dengan <I>copy</I>-an itu, Anda masih memiliki cadangan dokumen saat berurusan dengan pihak berwajib.

8. Pakaian secukupnya
Hitung dengan teliti jumlah hari liburan Anda, dan sesuaikan dengan pakaian yang akan digunakan. Bila perlu, jangan membawa terlalu banyak bawahan atau celana. selain celana yang digunakan saat berangkat, di dalam tas cukup membawa satu celana panjang, beberapa celana pendek, sebuah rok (bila Anda perempuan), dan sejumlah atasan, sebaiknya kaos.

9. Jaket dan sandal
Selain untuk menahan suhu dingin di dalam pesawat, jaket juga berfungsi elindungi tubuh dari perubahan cuaca saat liburan. Sedangkan sandal cocok digunakan untuk perjalanan menjelajah kota. Sehingga telapak kaki Anda tidak terus terbungkus sepatu dan dapat bernafas.

10. Konverter internasional
Di banyak negara, bentuk stop kontak tidak sama dengan di Indonesia, dua lubang. Beberapa negara menggunakan stop kontak tiga atau lubang strip. Agar <I>gadget</I> bisa diisi muatan listrik, ada baiknya saat liburan Anda membawa serta konverter internasional yang memiliki beragam jenis colokan. Sehingga bisa menyambungkan <I>gadget</I> Anda ke pelbagai stop kontak.


Semua perlengkapan liburan sudah siap. Anda tinggal mengepaknya ke dalam <I>backpack</I>. Lalu, "selamat berlibur."

0 comments:

Post a Comment

Random Post