Custom Search

Monday, February 13, 2012

Tahun lalu, Empat Juta Kucing Disantap di Cina

Rupanya kucing menjadi salah satu santapan favorit di kawasan Cina Selatan. Dalam setahun empat juta kucing liar Cina ditangkapi,  kemudian dibunuh untuk dijadikan santapan.

"Biasanya kami mengumpulkan kucing-kucing liar itu lalu menjualnya ke restoran terdekat di Provinsi Guangdong dan Guang Xi," ujar salah seorang penangkap kucing, Zhou, kepada China Daily, kemarin.

Daging kucing, kata Zhou, banyak dikonsumsi untuk keperluan diet. Harganya 10 yuan per kilogram. Di Ghuangdong, daging kucing merupakan bahan utama dalam hidangan tradisional mereka. "Dalam sehari saya bisa mendapat 70-80 ekor kucing," katanya.

Zhou mengungkapkan kucing yang ditangkapnya biasanya liar dan berada di jalanan. "Namun memang ada harga khusus untuk kucing hitam," ujarnya sambil tidak menerangkan alasannya.

Feng Dongmei, seorang aktivis perlindungan hewan di Hong Kong, mengakui daging kucing memang jadi santapan populer di Cina daratan. Namun menu kucing bakal sangat jarang ditemukan di pusat kota. "Biasanya pemakannya dari kalangan usia lanjut, sulit untuk menghentikan kebiasaan mereka," ujarnya.

Tidak ada data statistik resmi soal populasi kucing di seluruh Cina sekarang ini. Namun beberapa sumber organisasi perlindungan hewan mengatakan sedikitnya empat juta kucing mati dibunuh untuk dijadikan santapan para orang tua di Cina Selatan, tahun lalu. Berminat wisata kuliner ke sana?

0 comments:

Post a Comment

Random Post